Biaya Renovasi Rumah 2020

Biaya Renovasi Rumah 2020

Menghitung biaya renovasi rumah di Tahun 2020, membuat perencanaan agar proses pekerjaan renovasi rumah berjalan dengan lancar dan sesuai budget / anggaran yang sudah disiapkan.  Berapa kisaran biaya renovasi rumah di tahun 2020 ini ?

Berikut ini beberapa hal yang dapat mempengaruhi penghitungan biaya renovasi rumah, silahkan disesuaikan dengan kondisi masing – masing :

Kami asumsikan bahwa biaya renovasi rumah masinh – masing wilayah berbeda – beda dikarenakan perbedaaan nilai NJOP , Perkembangan Bisnis Properti, dan Ketersediaan Bahan Material Bangunan.

1. Luas & Kebutuhan
Luasan bangunan dan berapa banyak kebutuhan ruangan , akan mempengaruhi besaran biaya renovasi rumah. Berapa ruangan yang dibutuhkan , seperti Ruang Tidur, Ruang Makan, Dapur, Ruang Keluarga dll.

2. Bentuk Bangunan & Model
Bentuk bangunan rumah yang akan direnovasi, apakah 1 lantai, 2 lantai atau 3 lantai. Model bangunan rumahnya , apakah rumah seederhana, rumah minimalis, rumah klasik, atau model lain yang membutuhkan banyak pernak – pernik tambahan.

3. Bahan Material Bangunan
Ada banyak bahan material bangunan di pasaran, dari bahan yang dipakai, terus merek kelas A atau merek standard , akan sangat mempengaruhi biaya renovasi tersebut, maka dari ini jika budget anggaran nya terbatas, tidak perlu fanatik/ harus pakai merek X , cukup cari bahan material merek lainnya yang kualitas , mutu serta harganya terjangkau oleh anggaran tersebut.

4. Pelaksana Renovasi
Untuk menghemat biaya renovasi rumah, sebaiknya cukup memakai jasa tukang bangunan saja , yang pengalaman dan keahliannya bisa membaca gambar desain / arsitek, sehingga biayanya bisa terjangkau atau lebih hemat daripada renovasi rumah pakai Jasa Arsitek / Kontraktor yang Besar. Kalau rumah – rumah minimalis , sederhana dan bukan rumah Super Mewah yang anggaranya tidak terbatas, lebih baik pilihlah jasa tukang bangunan saja.

5. Perencanaan Waktu
Waktu disini adalah waktu dimana pekerjaan renovasi rumah dimulai sampai selesainya pekerjaan tersebut, jangan sampai molor dikarenakan tidak ada biaya / uang untuk membeli material dan membayar upah tukang bangunan, hal tersebut akan menambah panjang proses renovasi rumah yang akhirnya mengalami pembengkakan biaya.  Atau juga tidak perlu lama dalam menentukan pilihan material bangunan, jika tenaga tukang bangunan sudah siap, kemudian material bangunan yang dipilih belum siap / tidak ada, hal ini akan menjadi masalah di dalam pekerjaan renovasi rumah.

Jadi Biaya Renovasi Rumah bisa dihitung secara real ketika sudah di survey, dihitung pekerjaannya apa saja. Untuk itu konsultasikan langsung melalui WA agar menjadi jelas dan segera dilakukan survey lokasi.

× Hubungi Pak Riono